Rabu, 16 Oktober 2019, WIB

Rabu, 11 Sep 2019, 06:50:34 WIB, 467 View Administrator, Kategori : Info Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar rangkaian kegiatan Hari Aksara Internasional (HAI) Tingkat Nasional ke-54 pada 5 hingga 8 September 2019. Puncak acara tersebut diselenggarakan pada 7 September 2019 di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Peringatan ini selaras dengan United Nations Educational, Scientific Cultural Organization (UNESCO) yang menetapkan setiap 8 September sebagai Hari Aksara Internasional. Lembaga PBB tersebut tahun ini memperingati HAI dengan mengangkat tema Literacy and Multilingualism.

Mengacu pada tema UNESCO tersebut, Kemendikbud memutuskan mengangkat tema nasional berupa “Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat” pada peringatan HAI di Indonesia pada 2019. Direktur Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraaan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud Abdul Kahar mengatakan, lewat tema tersebut pihaknya berharap buta aksara di Indonesia bisa dientaskan lewat pendekatan budaya masing-masing daerah.

Lebih lanjut. Abdul Kahar menjelaskan peringatan HAI 2019 di Indonesia sangat spesial dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sebab saat ini Indonesia sedang menjadi negara percontohan pemberantasan buta huruf mengingat angka buta aksara berkurang secara signifikan dalam lima tahun terakhir.

Kemudian Mendikbud Bapak Muhajir Effendy, sangat mendukung itu, bahkan sekarang surat edaran Bapak Menteri, akan disampaikan ke seluruh Bupati dan Wali kota di seluruh Indonesia, agar ikut serta merayakan HAI tahun ini. Karena ini merupakan satu kesuksesan besar terutama dalam lima tahun terakhir ini, sekitar 1,9 juta penduduk Indonesia sudah kita entaskan dari buta aksara,” ucapnya.

Untuk diketahui, dalam peringatan HAI 2019, Kemendikbud juga mensosialisasikan kebijakan dan program percepatan penuntasan buta aksara di Indonesia melalui program Gerakan Literasi Nasional.

Secara umum rangkaian kegiatan HAI ke-54 terdiri dari Festival Literasi Indonesia, Pameran Produk Unggulan PAUD dan Dikmas, Temu Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Workshop Pendidikan Keaksaraan Komunitas Adat terpencil/khusus, Bimbingan Teknis Pendidikan Berkelanjutan, Workshop Percepatan Satuan Pendidikan Nonformal Terakreditasi, serta Pameran Pendidikan dan Kebudayaan. ( Sumber : https://fajar.co.id/2019/09/07/kemendikbud-gelar-peringatan-hari-aksara-internasional-tingkat-nasional-di-makassar/ )

Pada puncak peringatan HAI ke-54 tahun 2019 telah diberikan penghargaan kepada berbagai pihak yang telah berkonstribusi dalam bidang keaksaraan sebagai berikut. (Sumber :

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/08/pemenang-apresiasi-dan-lomba-dalam-rangka-hari-aksara-internasioal-tahun-2019 )



Sabtu, 25 Agu 2018 INFO DATA PENDIDIKAN


Tuliskan Komentar