Sabtu, 20 Oktober 2018, WIB


Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dipimpin oleh seorang Kepala Bidang. Bidang ini mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Untuk melaksanakan tugas pokoknya, Bidang Pembinaan SMP menyelenggarakan fungsi :

a. penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama (SMP);

b. pembinaan pelaksanaan kebijakan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama (SMP);

c. penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal Sekolah Menengah Pertama (SMP);

d. penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan Sekolah Menengah Pertama (SMP);

e. penyusunan bahan pembinaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama (SMP);

f. penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah kabupaten/kota;

g. pelaksanaan pemantauan dan evaluasi di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sekolah menengah pertama; dan

h. pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana, serta peserta didik dan pembangunan karakter Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdiri atas :

1) Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi.

2) Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SMP, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi.

3) Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP, dipimpin oleh seorang Kepala Seksi

 

Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP, melaksanakan tugas:

1) penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian Sekolah Menengah Pertama (SMP);

2) penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal dan kriteria penilaian Sekolah Menengah Pertama (SMP);

3) penyusunan bahan pembinaan pelaksanaan kurikulum dan penilaian Sekolah Menengah Pertama (SMP);

4) penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah kabupaten/kota;

5) penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilaian Sekolah Menengah Pertama (SMP); dan

6) pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SMP, melaksanakan tugas:

1) penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kelembagaan, sarana, dan prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP);

2) penyusunan bahan pembinaan kelembagaan, sarana, dan prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP);

3) penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan Sekolah Menengah Pertama (SMP);

4) penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi kelembagaan, sarana, dan prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP); dan

5) pelaporan di bidang kelembagaan dan sarana prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP,  melaksanakan tugas:

1) penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP);

2) penyusunan bahan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP);

3) penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP); dan

4) pelaporan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP).