Sabtu, 20 Oktober 2018, WIB


 

 Rumusan Rencana Program dan Kegiatan SKPD Kab. OKU Tahun 2018 
 
 Nama SKPD : Dinas Pendidikan         
 No   Urusan / Bidang Urusan Pemerintahan Daerah dan Program/ Kegiatan   Indikator Kinerja Program/ Kegiatan   Rencana Tahun 2018 
 Lokasi   Target Capaian Kinerja   Sumber Dana 
 I   Program Pelayanan Administrasi Perkantoran         
1 Penyediaan jasa surat menyurat Tercapainya prosentase surat yang harus tersampaikan Disdik, UPTD, SKB Pendidikan, SMP kab.OKU 12 bulan  APBD OKU 
2 Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik Tercapainya kewajiban pembayaran Disdik, SKB Pendidikan, SMP kab.OKU 12 bulan  APBD OKU 
3 Penyediaan jasa administrasi keuangan Terlaksananya tugas sesuai tupoksi Disdik 12 bulan  APBD OKU 
4 Penyediaan jasa kebersihan kantor Tersedianya tenaga kebersihan kantor Disdik, UPTD, SKB, gedung serbaguna, kantor pengawas 12 bulan  APBD OKU 
5 Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja Terlaksananya perawatan peralatan kerja Disdik, SKB 12 bulan  APBD OKU 
6 Penyediaan alat tulis kantor Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor Disdik, UPTD, SKB, TK/SD, SMP kab.OKU 12 bulan  APBD OKU 
7 Penyediaan barang cetakan dan penggandaan Terpenuhinya barang cetak dan penggandaan sesuai kebutuhan Disdik, UPTD, TK/SD, SMP kab.OKU 12 bulan  APBD OKU 
8 Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor Tersedianya komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor Disdik, UPTD, SKB 12 bulan  APBD OKU 
9 Penyediaan perlengkapan kantor Tersedianya perlengkapan kantor Disdik, UPTD, SKB 12 bulan  APBD OKU 
10 Penyediaan peralatan rumah tangga Tersedianya peralatan rumah tangga kantor Disdik, UPTD, SKB, SMP  kab.OKU 12 bulan  APBD OKU 
11 Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan Tersedianya bahan bacaan dan peraturan perundang-undangan Disdik 12 bulan  APBD OKU 
12 Penyediaan makanan dan minuman Tersedianya makanan dan minuman Disdik, SKB, SMP  kab.OKU 12 bulan  APBD OKU 
13 Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah Terlaksananya perjalanan dinas luar daerah Disdik, SKB 12 bulan  APBD OKU 
14 Rapat-rapat koordinasi ke dalam daerah Terlaksananya perjalanan dinas dalam daerah Disdik, UPTD 12 bulan  APBD OKU 
15 Penyediaan jasa tenaga administrasi dan teknis Tersedianya jasa tenaga administrasi dan teknis Disdik, UPTD, SKB 12 bulan  APBD OKU 
16 Penyediaan Peralatan  Kantor Tersedianya Peralatan Kantor yang memadai Kabupaten OKU 2 jenis  APBD OKU 
17 Pengelolaan dan penataan kearsipan Tertatanya kearsipan disdik oku Disdik OKU 1 kegiatan  APBD OKU 
18 Pengelolaan SOP Terkelolanya SOP dengan baik Disdik OKU 6 bidang  APBD OKU 
II  Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur         
1 Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional Tersedianya BBM, jasa servis dan penggantian suku cadang kendaraan dinas/operasional Disdik
Kabupaten OKU
 12 bulan   APBD OKU 
2 Pembangunan Gedung Kantor Tersedianya gudang penyimpanan barang dan Mushollah Kantor Disdik
Kabupaten OKU
2 Unit  APBD OKU 
3 Pembangunan sanitasi kantor Tersedianya sumur bor UPTD Lubuk Raja 1 unit  APBD OKU 
4 Pemeliharaan Rutin/berkala gedung kantor Tersedianya gedung kantor yang menunjang tugas pokok dan fungsi pekerjaan Disdik
Kabupaten OKU
12 Bulan  APBD OKU 
5 Pemeliharaan rutin/ berkala  peralatan kantor Tersedianya peralatan kantor yang menunjang tugas pokok dan fungsi pekerjaan Disdik
Kabupaten OKU
12 Bulan  APBD OKU 
6 Pengadaan kendaraan Dinas operasional tersedianya kendaraan roda  2 untuk menunjang kegiatan kantor Disdik
Kabupaten OKU
8 unit  APBD OKU 
III  Program Peningkatan Disiplin Aparatur         
1 Workshop Pengelolaan BMD Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu Bertambahnya pengetahuan dan keterampilan sumber daya aparatur dalam mengelola BMD Disdik OKU Disdik 1 Keg  APBD OKU 
2 Peningkatan SDM aparatur dalam bidang pelaporan keuangan Meningkatnya SDM aparatur Disdik OKU dalam bidang pelaporan keuangan  Disdik  12 bulan  APBD OKU 
3 Inventarisasi aset di Lingkungan Disdik OKU Terpantaunya asset barang di lingkungan Disdik OKU Disdik 12 bulan  APBD OKU 
4 Pengadaan Pakaian Khusus hari-Hari Tertentu Meningkatnya Disiplin Aparatur Kabupaten 150 Stel  APBD OKU 
5 Pengelolaan SIM  absensi aparatur Meningkatnya Disiplin Aparatur Kabupaten 12 Bulan  APBD OKU 
6 Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Pegawai (SIMPEG) Tertibnya Administrasi Kepegawaian Kabupaten 12 Bulan  APBD OKU 
7 Workshop Pengelolaan Administrasi Keuangan Sekolah Administrasi keuangan yang tertib dan sesuai dengan peraturan Disdik (237 sekolah) 2 kegiatan  APBD OKU 
IV Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur        
1 Penguatan perencanaan program bidang pendidikan Dokumen perencanaan (Renja) Dinas pendidikan 4 keg APBD OKU
2 Penyusunan RKA pendidikan Dokumen RKA Dinas pendidikan 2 keg APBD OKU
3 Peningkatan sistem penetapan kinerja dan IKU Dokumen Tapkin dan IKU Dinas pendidikan 2 keg APBD OKU
V  Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan keuangan          
1 Penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD  Dokumen LAKIP dan LKPJ  Dinas pendidikan 12 dok APBD OKU
2 Penyusunan laporan keuangan semesteran Tersusunnya laporan keuangan semesteran SKPD  Disdik   2 dok   APBD OKU 
3 Penyusunan laporan keuangan akhir tahun Tersusunnya laporan keuangan akhir tahun SKPD  Disdik   1 dok   APBD OKU 
VI  Program Pendidikan Anak Usia Dini         
1  Pembangunan gedung sekolah   Tersedianya gedung paud  PAUD An Nas Tanjung Manggus Lubuk Batang 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Amanda Surau Muara Jaya 2 lokal  APBD OKU 
2 Pembangunan Ruang Kelas Baru Tersedianya Ruang Kelas yang Memadai PAUD Azhar Bandar Agung Lengkiti 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Doa Ibu Tanjung Sari Lubuk Batang 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Kartini Marga Mulia Sinar Peninjauan 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD An Nikmah Sukajadi Ulu Ogan 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Wali Songo Batuwinangun Lubuk Raja 2 lokal  APBD OKU 
      PAUD An Nur Sepancar Baturaja Timur 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Az Zahra Tebing Kampung Semidang Aji 1 lokal  APBD OKU 
3 Rehabilitasi Sedang/Berat Sekolah Tersedianya Bangunan Sekolah yang memadai PAUD Al-Hidayah 1 lokal  APBD OKU 
      TK Negeri Pembina 4 OKU 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Mawar Ibu Sepancar 1 lokal  APBD OKU 
      TK Ganesha Desa Singapura 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Kasih Sayang Desa Batu Kuning 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Attiyah Desa Penyandingan 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Doa Ibu 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Tunas Harapan 1 lokal  APBD OKU 
      TK N Satu Atap Desa Padang Bindu 1 lokal  APBD OKU 
      PAUD Al-Mutaqqin Desa Lekis Rejo 1 lokal  APBD OKU 
4 Pengadaan Meubiler /APE Tersedianya Meubiler / APE untuk menunjang Kegiatan Belajar TK/PAUD se OKU                         Meja Siswa 200 unit  APBD OKU 
      Kursi Siswa 200 unit  APBD OKU 
      Meja Guru 20 unit  APBD OKU 
      Kursi Guru 20 unit  APBD OKU 
      Lemari 10 unit  APBD OKU 
      Alat Peraga Edukatif 20 set  APBD OKU 
5 Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Meningkatnya Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Kabupaten OKU 250 Lembaga  APBD OKU 
6 Manajemen Penyelenggaraan TK Meningkatnya Mutu Penyelenggaraan Pendidikan TK Kabupaten OKU 15 sklh  APBD OKU 
7 Pendataan, Survey dan Monitoring PAUD Tersedianya dana Penunjang Pengelolaan DAK BOP PAUD Kabupaten OKU 250 Lembaga  APBD OKU 
8 Peningkatan Mutu Penilik PAUD Tersedianya Peserta Didik yang Berprestasi Kabupaten OKU 12 Bulan  APBD OKU 
9 Jambore PAUDNI Meningkatnya jumlah anak PAUD yang berprestasi Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
10 Peningkatan Minat, bakat dan Prestasi Siswa PAUD Pembinaan PAUD Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
11 Pengadaan Pakaian Seragam Guru TK Tersedianya Pakaian Seragam Guru TK Kabupaten OKU 450 Stel  APBD OKU 
12 Peningkatan SDM aparatur dalam bidang kurikulum PAUD Meningkatnya SDM aparatur Disdik OKU dalam bidang pelaporan keuangan Disdik OKU 50 orang  APBD OKU 
           
VII  Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar  (DIKDAS) Sembilan Tahun         
   BOS (APBN)   Terlaksananya wajar dikdas      APBN
1 Penyusunan Kisi-kisi dan Master Soal Ujian Sekolah SD/MI Semua Siswa Kelas 6 SD, MI Kab.OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
2 Pengendalian Penyelenggaraan Ujian Sekolah/USBN/Ujian Nasional SD/MI  Terlaksananya Ujian Sekolah/ Ujian Nasional kelas 6 SD/MI mengikuti UN/US/USBN  Kab.OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
3  Pengendalian Penerimaan Siswa Baru Jenjang SD   Semua SD Penyelenggara PSB  Kab.OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
4 Penguatan Pendidikan karakter di SD  (+9)  Peningkatan  Budipekerti siswa SD   Kab.OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
5 Workshop Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus
Jenjang SD
 Semua Siswa yang berkebutuhan Khusus Jenjang SD  Kab.OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
6  Peningkatan pengelolaan Akreditasi SD   Pelayanan akreditasi SD menjadi bermutu  Kab.OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
7  Penyelenggaraan OSN, O2SN, Fl2SN Tingkat SD    Semua Siswa SD yang berprestasi  Kab.OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
8  Sosialisasi Kurikulum Pendidikan SD  Semua Guru SD Telah Mengikuti Pelatihan Penyusunan Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kab.OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
9  Pembinaan Karakter Guru SD   Jumlah Guru SD   Kab.OKU 60 Guru  APBD OKU 
10  Workshop Pembelajaran Teknologi Kurikulum 2013   Jumlah Guru SD yang memiliki kemampuan pembelajaran Teknologi Kurikulum 2013  Kab.OKU 60 guru  APBD OKU 
11  Workshop pengembangan mutu pembelajarandan kurikulum bagi guru SD   Jumlah guru SD yang meningkat kemampuannya pada kompetensi pembelajaran bertambah  Kab.OKU 60 guru  APBD OKU 
12  Workshop pengembangan penyusunan dokumen kurikulum satuan pendidikan SD   Jumlah guru SD yang memiliki kemampuan menyusun dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan bertambah  Kab.OKU 60 guru  APBD OKU 
13 Pembangunan RKB  Tersediangan Ruang Kelas Baru yang mendukung proses belajar mengajar   SDN 177 di Sinar Peninjauan   4 Lokal   APBD OKU 
       SDN 42 di Baturaja Timur   2 Lokal   APBD OKU 
       SDN 182 di Peninjauan   2 Lokal   APBD OKU 
       SDN 27 di Lubuk Raja   2 lokal   APBD OKU 
14 Pembangunan Gedung SD  Tersedianya gedung SD di desa   SDN Kelas Jauh Desa Kepayang di Peninjauan   100 M   APBD OKU 
15 Pembangunan  Pagar SD  Tersedianya pagar utk pengamanan asset   SDN 106 di Semidang Aji   100 M   APBD OKU 
       SDN 120 di Muara Jaya   100 M   APBD OKU 
       SDN 69 di S.Buay Rayap   100 M   APBD OKU 
       SDN 98 di Semidang Aji   100 M   APBD OKU 
       SDN 123 di Muara Jaya   100 M   APBD OKU 
16 Pembangunan Perpustakaan SD  Tersedianya Perpustakaan Sekolah yang memadai   SDN 104 di Semidang Aji   1 Unit   APBD OKU 
17 Rehabilitasi gedung SD  Tersedinya ruang belajar yang memadai   SDN 139 di Lubuk Batang   2 Lokal   APBD OKU 
       SDN 147 di Peninjauan   3 Lokal   APBD OKU 
       SDN 102 di Semidang Aji   2 Lokal   APBD OKU 
       SDN 176 di Sinar Peninjauan   3 Lokal   APBD OKU 
       SDN 181 di Peninjauan   2 Lokal   APBD OKU 
       SDN 152 di Peninjauan   2 Lokal   APBD OKU 
       SDN 101 di Semidang Aji   2 Lokal   APBD OKU 
       SDN 110 di Semidang Aji   1 Lokal   APBD OKU 
      SDN 36 di Lubuk Raja  1 Lokal   APBD OKU 
       SDN 126 di Lubuk Batang   70 M   APBD OKU 
       SDN 132 di Baturaja Timur   70 M   APBD OKU 
       SDN 64 di Lubuk Raja   70 M   APBD OKU 
18 PEMBANGUNAN SARANA AIR BERSIH DAN SANITARY SD di KAB. OKU(Swakelola)  Tersedianya sarana air bersih dan sanitary SD   SD Se-Kab.OKU   18 Unit   APBD OKU 
19 PENGADAAN  MEDIA PENDIDIKAN TIK UNTUK SD  Tersedianya Media Peralatan TIK yang mendukung proses belajar mengajar berbasis IT   SD Se-Kab.OKU   30 Unit   APBD OKU 
20 PENGADAAN DAN PENGGANTIAN MEUBILAIR SD  Tersedianya meubilair SD yang mendukung proses belajar mengajar   SD Se-Kab.OKU   1200 Unit   APBD OKU 
22 Pengadaan Jasa Konsultan Perencanaan Teknis Kegiatan Fisik, Pembuatan DED Rencana Penataan Bangunan Sekolah dan Pengawasan Teknis Kegiatan Fisik SD  Tersedianya Jasa Konsultan Perencanaan Teknis dan Pengawasan Teknis Kegiatan Fisik dan DED.   SD Se-Kab.OKU   2 Dok   APBD OKU 
23 Pengelolaan program TAKOLA Terlaksananya program pembangunan dalam sistem TAKOLA Bidang PAUD, SD, SMP 3 bidang  APBD OKU 
24 Pengadaan ijazah SD Tersedianya blangko ijazah SD Bidang SD Kls 6 SD  APBD OKU 
25 Pengelolaan Data Pendd. Berbasis Sistem Dapodik SD Tersedainya data yang valid Bidang SD 1 Kegiatan  APBD OKU 
26 Pengendalian Pelaksanaan Ujian Sekolah/USBN/Ujian Nasional SMP, MTs Terlaksananya Semua siswa kelas 9 SMP,MTs mengikuti UN/US/USBN berjumlah 6.000 siswa SMP, MTs Se-Kab. OKU 6000 Siswa  APBD OKU 
94 Rehabilitasi Pagar SMP  Terlaksananya Rehab Pagar sekolah  SMPN 1 OKU 100 M  APBD OKU 
95 Pengadaan Meubeler SMP  Bertambahnya Mobiller di sekolah  SMPN 51 OKU 50 Stel  APBD OKU 
      SMPN 19 OKU 50 Stel  APBD OKU 
      SMPN 31 OKU 50 Stel  APBD OKU 
      SMPN 34 OKU 50 Stel  APBD OKU 
96 Pembangunan Perpustakaan SMP  Terlaksananya Pemb. Ruang Perpus  SMPN 38 OKU 1 Unit  APBD OKU 
97 Pembangunan Baru Sanitasi SMP  Terbangunnya Sanitasi sekolah  SMPN 32 OKU 4 wc  APBD OKU 
      SMPN 2 OKU 6 wc  APBD OKU 
      SMPN 8 OKU 1 sumur  APBD OKU 
      SMPN 23 OKU 1 sumur  APBD OKU 
98 Rehabilitasi Sanitasi SMP  Terehabnya sanitasi sekolah  SMPN 22 OKU 4 WC  APBD OKU 
      SMPN 25 OKU 4 WC  APBD OKU 
99 Rehabilitasi Lab. SMP  Terehabnya Ruang Lab IPA   SMP 24 OKU 1 Lokal  APBD OKU 
       SMP 5 OKU 1 Lokal  APBD OKU 
100 PENGADAAN ALAT TIK (Komputer dan Jaringan)  Tersedianya komputer dan jaringan untuk UNBK   SMP 1 OKU 90 Unit  APBD OKU 
       SMP 2 OKU 120 Unit  APBD OKU 
       SMP 9 OKU 40 Unit  APBD OKU 
       SMP 32 OKU 40 Unit   APBD OKU 
       SMP13 OKU 120 Unit   APBD OKU 
101  Pengelolaan Data Pendd. Berbasis Sistem Dapodik SMP   Jumlah Sekolah menyampaikan data secara baik  Diknas OKU  1 Kegiatan  APBD OKU 
102  Monitor & Evaluasi dan laporan capaian SPM Pendidikan SMP   Terlaksananya Monev Peleksanaan SPM SMP  Diknas OKU  1 Kegiatan  APBD OKU 
103  Pengelolaan Profil SMP se Kabupaten OKU   Gambaran Keadaan SMP baik sarana, siswa dan kurikulum se Kabupaten OKU  Diknas OKU  1 Kegiatan  APBD OKU 
157  Pelaksanaan OSN, O2SN, FL2SN jenjang SMP  Terlaksananya seleksi siswa berbakat dan kreativitas  Kab. OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
162 Penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Terlaksananya Cabang-cabang Olahraga pada kelompok umum Kab. OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
163 Pengendalian Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru SMP Adanya peningkatan mutu pelayanan PSB SMP Kab. OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
163 Penyelenggaraan program sekolah gratis pendidikan dasar  Terlaksananya PSG dikdas  SD, SMP Negeri se kab. OKU (237 sklh = 58.033 siswa) 12 Bulan  APBD OKU 
           
VIII  Program Pendidikan Non Formal         
1 Penyelenggaraan Pendidikan Paket A setara SD Terselenggaranya Penididikan Paket A setara SD Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
2 Penyelenggaraan Pendidikan Paket B setara SMP Terselenggaranya Penididikan Paket B setara SMP Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
3 Penyelenggaraan Penyetaraan Pendidikan Paket C Terlaksananya Penyetaraan Pendidikan Paket C Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
4 Penyelenggaraan Penyetaraan Pendidikan Paket A dan B Terselenggaranya Penyetaraan Pendidikan Paket A dan B Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
5 Validasi Data Kursus-Kursus Di Kabupaten OKU Tersedianya data kursus yang akurat Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
6 Bimtek Pengelolaan Pendidikan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) bagi Lembaga Pendidikan Non Formal dan PAUD Tersedianya Tenaga Pengelola Pendidik KUM yang berkompetensi Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
7 Pembinaan Pengelolaan Pendidikan Keaksaraan Fungsional (KF) Terselenggaranya Pendidikan Keaksaraan Fungsional  Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
8 Pembinaan Pengelolaan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) Terselenggaranya Pengelolaan Keaksaraan Usaha Mandiri Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
9 Pembinaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Terselenggaranya Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM) Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
10 Pembinaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Tersedianya Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
11 Penyusunan Bahan penetepan kurikulum muatan lokal dan pendidikan masyarakat Tersedianya Kurikulum Muatan Lokal dan pendidikan Masyarakat Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
12 Penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini serta pendidikan masyarakat Terlaksananya pelaksanaan kurikulum dan penilaian pendidikan anak usia dini Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
13 Pendataan dan Validasi Data Lembaga Kursus dan PKBM Tersedianya data lembaga kursus dan PKBM yang akurat Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
14 Monitoring dan Evaluasi pelaksanaan Program Belajar Mengajar (PBM) Pendidikan Anak usia Dini (PAUDNI), Pendidikan Masyarakat dan Lembaga Kursus Terlaksananya pelaksanaan program belajar mengajar yang tertib  Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
15 Peningkatan Mutu Pendidikan bagi pendidikan masyarakat dan lembaga kursus (PLS) Meningkatnya mutu Pendidikan Masyarakat dan Lembaga Kursus Kabupaten OKU 1 Kegiatan  APBD OKU 
           
IX  Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan         
1 Pengelolaan sistem Penilaian Angka Kredit  Fungsional Terlaksananya penilaian angka kredit/kenaikan pangkat tenaga fungsional Dinas Pendidikan Guru & Pengawas PNS TK, SD, SMP  APBD OKU 
2 Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen data berbasis Komputer  Terlaksananya Pendataan di Sekolah Dinas Pendidikan Operator Sekolah TK, SD, SMP  Negeri dan Swasta  APBD OKU 
3 Pelaksanaan Sertifikasi Pendidik Tenaga Pendidik Tersertifikasi Dinas Pendidikan Guru, Kep. Sekolah dan Pengawas  TK,SD,SLB,SMP  APBD OKU 
4 Pemilihan Pendidik dan Tenaga Pendidik Berprestasi Terpilihnya Guru, Kep. Sekolah dan Pengawas Berprestasi Dinas Pendidikan TK, SD, SMP Negeri/Swasta  APBD OKU 
5 Operaional Insentif Guru Honorer dan Peningkatan Kualifikasi Terlaksananya kegiatan pengusulan subsidi guru dan tunjangan kualifikasi Dinas Pendidikan Guru SD dan Guru SMP  APBD OKU 
6 Pendidikan lanjutan bagi pendidik untuk memenuhi standar kualifikasi Terselenggaranya pendidikan lanjutan bagi guru yang belum S1 Dinas Pendidikan 1 (satu) kegiatan  APBD OKU 
7 Pelatihan bagi pendidik untuk memnuhi standar kompetensi Pelatihan untuk pengetahuan guru  Dinas Pendidikan 1 (satu) kegiatan  APBD OKU 
8  Workshop penguatan penilaian pendidikan bagi guru SMP   Jumlah guru SMP yang meningkat kan kemampuannya pada kompetensi penilaian pendidikan bertambah  Kab. OKU 60 guru  APBD OKU 
11 Workshop pengembangan penyusunan dokumen kurikulum satuan pendidikan SMP Jumlah guru SMP yang memiliki kemampuan menyusun dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan bertambah Kab. OKU 60 guru  APBD OKU 
12   Workshop pelaksanaan kurikulum 2013   Jumlah guru yang memahami   dalam melaksanakan kurikulum  2013 jumlahnya bertambah  Kab. OKU 120 guru  APBD OKU 
           
X  Program manajemen Pelayanan Pendidikan         
1 Penyelenggaraan Manajemen BOS Terselenggaranya manajemen BOS Dinas Pendidikan 4 TW  APBD OKU 
2 Peningkatan pengelolaan Akreditasi SMP Pelayanan akreditasi SMP menjadi bermutu Kab. OKU 20 Sekolah  APBD OKU 
3 Penyelenggaraan manajemen PSG Meningkatnya pelasanaan PSG Dinas Pendidikan 4 TW  APBD OKU 
4 Pengelolaan program indonesia pintar (SD, SMP) Meningkatnya pelaksanaan PIP Disdik OKU 2 keg  APBD OKU 
5 Pelaksanaan Kerjasama dalam Pembinaan Remaja (Siswa) dengan POLRI Terlaksananya kerjasama dan pembinaan siswa dengan POLRI Kab. OKU SD,SMP Se-Kab OKU  APBD OKU 
6 Pengembangan website pendidikan Meningkatnya informasi, akuntabilitas dan data kependidikan Disdik OKU 10 bulan  APBD OKU 
7 Penyelenggaraan Manajemen BOP PAUD Ketertiban dan kelancaran penyaluran BOP Disdik OKU 2 smtr%  APBD OKU