Sabtu, 07 Desember 2024, WIB


Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) dipimpin oleh seorang Kepala Bidang. Bidang ini mempunyai tugas pokok melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan sekolah dasar. 

Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) terdiri atas :

1) Seksi Kurikulum dan Penilaian SD, dipimpin oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD.

2) Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD, dipimpin oleh Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD.

3) Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD, dipimpin oleh Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD.

 

Seksi Kurikulum dan Penilaian SD, melaksanakan tugas:

1) penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kurikulum dan penilaian sekolah dasar;

2) penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal dan kriteria penilaian sekolah dasar;

3) penyusunan bahan pembinaan pelaksanaan kurikulum dan penilaian sekolah dasar;

4) penyusunan bahan pembinaan bahasa dan sastra daerah yang penuturnya dalam daerah kabupaten/kota;

5) penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum dan penilaian sekolah dasar; dan

6) pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian sekolah dasar.

 

Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD, melaksanakan tugas:

1) penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan kelembagaan, sarana, dan prasarana sekolah dasar;

2) penyusunan bahan pembinaan kelembagaan, sarana, dan prasarana sekolah dasar;

3) penyusunan bahan penerbitan izin pendirian, penataan, dan penutupan sekolah dasar;

4) penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi kelembagaan, sarana, dan prasarana sekolah dasar; dan

5) pelaporan di bidang kelembagaan dan sarana prasarana sekolah dasar.

 

Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD,  melaksanakan tugas:

1) penyusunan bahan perumusan, koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar;

2) penyusunan bahan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar;

3) penyusunan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar; dan

4) pelaporan di bidang pembinaan minat, bakat, prestasi, dan pembangunan karakter peserta didik sekolah dasar.